BERWISATA DAN BELAJAR MENGENAL SATWA KE KEBUN BINATANG RAGUNAN BERSAMA SEWA ELF MURAH JAKARTA

BERWISATA DAN BELAJAR MENGENAL SATWA KE KEBUN BINATANG RAGUNAN BERSAMA SEWA ELF MURAH JAKARTA

Sewa ELF Jakarta ke Kebun Binatang ramai ramai berwisata bersama anak anak dan keluarga tercinta. Berwisata sekaligus belajar tentang satwa adalah hal yang sangat menyenangkan dan sangat mengedukasi. Bersama Puma Wisata nikmati perjalananmu ke kebun binantang semakin menyenangkan.

Penting bagi orang tua mencari tempat libur atau tempat wisata yang nyaman dan menyenangkan. Tempat wisata yang aman dan nyaman akan memberikan suasana yang tidak jenuh dan anak-anak pun menjadi sangat antusias. Berbagai macam taman hiburan penuh dengan wahana permainan tersedia di Jakarta. Tidak ada salahnya bila mencari tempat wisata yang bukan hanya menyediakan wahana bermain, tetapi juga yang bisa mengedukasi anak-anak. Kebun Binatang salah satu yang memenuhi kriteria tersebut. Tempat wisata ini, anak-anak dapat mengenal berbagai macam satwa beserta habitatnya. Di Indonesia, Kebun Binatang Ragunan sudah sangat populer bagi warga masyarakat yang berada di DKI Jakarta maupun diluar Kota Jakarta.

Taman Margasatwa Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan Kebun Binatang terbesar di Indonesia, selain itu urutan ke-2 di dunia. Kebun Binatang Ragunan terletak di Kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun Binatang yang luasnya mencapai 140 hektare ini didirikan pada tahun 1864. Kebun Binatang Ragunan menjadi urutan pertama kebun binatang di Indonesia yang usianya mencapai 150 tahun lebih. Sejak didirikan pada abad 18, kebun binatang ini tidak pernah sepi akan para pengunjung. Para pengunjung yang datang tak hanya dari wilayah Jakarta, tapi juga dari seluruh daerah di Indonesia.

Kebun Binatang Ragunan tidak hanya menjadi obyek wisata berlibur, edukatif bagi para pengunjung, tetapi juga menjadi salah satu pusat penelitian dan pelestarian satwa. Kebun Binatang Ragunan terdapat berbagai jenis satwa, setidaknya terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesieses.

Pada tanggal 19 September 2005, Kebun Binatang Ragunan sempat ditutup sekitar tiga minggu.  Penyebabnya satwa satwa yang berada dalam kebun binatang ada yang terinfeksi virus flu burung. Namun setelah dilakukan pengobatan dan karantina, Kebun Binatang Ragunan dibuka kembali pada tanggal 11 Oktober 2005.

Sejarah Singkat Taman Margasatwa Ragunan

Part I

Pertama kali kebun binatang di Indonesia dibangun pada tahun 1846, saat itu Indonesia masih menjadi koloni Belanda. Seorang pelukis kenamaan Indonesia bernama Raden Saleh, saat itu menyerahkan pekarangan rumahnya yang berada di daerah Cikini untuk dijadikan kebun binatang. Beliau memberikan tanah seluas 10 hektar. Tanah yang diberikan oleh Raden Saleh dikelola oleh kolonial Belanda. Tidak hanya dibangun untuk kebun binatang, namun juga ditempat ini dijadikan taman, bioskop, fasilitas olahraga, kolam renang dan hall pertemuan. Pada saat itu kebun binatang ini bernama Planten En Dierentuin. Planten En Dieretuin saat itu dikelola oleh Perhimpunan Penayayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Planten En Dieretuin sangat terkenal di batavia, jadi seluruh penduduk warga Batavia diperbolehkan untuk mengunjungi ke Planten En Dieretuin.

Pada Tahun 1949 setelah kemerdekaan de facto Indonesia, kebun binatang yang menjadi cikal bakal kebun binatang Ragunan awalnya bernama Planten En Dieretuin. Lalu dirubah menjadi Kebun Binatang Cikini. Kebun Binatang Cikini saat itu memiliki 100 ekor satwa. Satwa satwa tersebut diantaranya ada banteng, berbagai jenis burung, reptil seperti buaya, menjangan tutul, kijang, beruang madu, monyet mantol dan banyak satwa spesies lainnya. Kebun Binatang Cikini saat itu dibuka dari pukul 07.00 – 18.00 WIB. Biaya tiket saat itu sebesar Rp.75,- untuk anak anak, dan untuk dewasa biayanya Rp. 150,-. Wilayah Cikini yang terdapat pada pusat kota sudah tidak memungkinkan untuk berkembang lagi. Padahal saat itu penambahan satwa satwa dan ruang untuk satwa masih terus dilakukan.

Part II

Tahun 1964 Kebun Binatang Cikini sudah berusia 100 tahun. Pemerintah telah menemukan lokasi baru untuk memindahkan satwa satwa yang berada dalam kebun binatang cikini ke area yang lebih luas lagi. Lokasi pemindahan kebun binatang terletak di Ragunan. Lahan seluas 85 hektar disediakan oleh Pemerintah untuk kebun binatang baru tersebut. Pembangunan kebun binatang baru menghabiskan waktu selama dua tahun. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin mempercayakan konsep untuk kebun binatang yang baru itu kepada Benjamin Galstaun. Bahkan beliau adalah direktur pertama dari Kebun Binatang Ragunan. Istri dari Benjamin Galstaun juga mengabdikan dirinya untuk Taman Margasatwa Jakarta.

Pada tahun 1966 kebun binatang baru resmi dibuka, kemudian berganti nama menjadi Kebun Binatang Ragunan. Namun tak lama kemudian, pada tahun 1974 Kebun Binatang Ragunan berganti nama lagi menjadi Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang Ragunan pada tahun tahun berikutnya diperluas secara bertahap, luas nya mencapai 134 hektar. Kemudian pada tahun 1999, Kebun Binatang Ragunan kembali berubah nama menjadi Taman Margasatwa Ragunan. Pada saat itu Taman Margasatwa Ragunan sudah memiliki 335 spesies hewan dan 50 ribu tanaman dari 968 spesies. Sekitar 90% hewan merupakan satwa asli dari Indonesia.

Objek Wisata Taman Margasatwa Ragunan

Berbagai jenis objek wisata yang terdapat pada Taman Margasatwa Ragunan, meliputi ;

Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata yang terdapat di Taman Margasatwa Ragunan ini berdiri pada lahan seluas 13 hektar. Konsep dari pusat primata ini mengusung konsep open zoo, yakni dimana area yang dihuni oleh satwa dibuat sangat mirip dengan habitat aslinya. Orangutan dan gorila menjadi ikon tempat ini. Pintu gerbang berbentuk setengah lingkaran seperti bentuk kubah raksasa dengan tangga menuju jembatan. Dari atas jembatan pengunjung dapat melihat gorila dataran rendah. Gorila ini merupakan spesies dari kera yang paling besar yang ada didunia dengan bobot berkisar 100kg bahkan bisa lebih. Setiap pukul 12.00 WIB ada petugas yang memberi makan gorila, pengunjung juga biasa menyaksikan kegiatan ini secara langsung.

Pengunjung juga dapat melihat langsung orang utan melalui terowongan. Adapun fasilitas dipusat primata ini diantaranya yaitu dapur makan satwa, diorama satwa, perpustakaan serta fasilitas pendidikan.  Juga memiliki ruang teater berkapas 85 kursi untuk memutar film dokumenter primata. Pusat Primata Schmutzer sudah bertaraf Internasional, dan juga memiliki peranan dalam konservasi primate di Indonesia. Disini juga sebagai jendela informasi berbagai macam hal mengenai primata. Berbagai macam jenis primata Indonesia ada disini, diantaranya gorila, simpanse, orangutan, serta jenis primata lainnya yang berasal dari luar negeri.

Taman Refleksi

Taman Margasatwa Ragunan menyediakan fasilitas untuk refleksi. Taman ini dinamakan Taman Refleksi. Taman Refleksi merupakan taman yang memiliki  batu batuan yang didesain khusus sebagai alat refleksi. Taman Refleksi letaknya di Central Area Pusat Primata Schmutzer. Para pengunjung yang mengunjungi tempat ini biasanya pada pagi hari dan sore hari. Pengunjung memanfaatkan taman refleksi sebagai sarana relaksasi, arena olahraga bahkan adapula yang memanfatkannya sebagai spot foto. Di taman ini terdapat sebuah kolam diitengahnya ada icon orang utan, patung gajah, dan komodo yang berukuran besar. Bagi pengunjung disabilitas mereka mendapat akses yang mudah untuk bisa menikmati Taman Refleksi ini.

Taman Satwa Anak

Jika pengunjung ingin melihat satwa lain dan ada area bermain anak anak, Taman Marga Satwa Ragunan menyediakan Taman Satwa Anak. Taman ini menampilkan berbagai macam satwa seperti ikan arapaima gigas salah satu ikan raksasa. Burung kakaktua yang pandai menirukan suara. Mini terrarium dengan ular condrophyton, kapibara sejenis satwa pengerat dan lainnya. Biaya tiket untuk masuk Taman Satwa Anak sekitar Rp. 2.500,- harganya sangat terjangkau.

Gajah Tunggang

Ingin merasakan bagaimana jika menaiki satwa yang besar seperti gajah? suatu hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Tidak perlu penasaran, disini juga bisa merasakan sensasi menaiki gajah. Gajah yang ditunggangi sudah jinak, jadi aman. Para pengunjung juga akan ditemani oleh perawat gajah.

Unta Tunggang

Ada lagi satwa yang bisa para pengunjung tunggangi yaitu unta. Hewan tinggi yang memiliki punuk ini bisa kita tunggangi di Taman Margasatwa Ragunan ini, tidak perlu jauh jauh ke Mesir.

Kuda Tunggang

Para pengunjung yang membawa anak anak dapat mencoba ojek wisata yang satu ini. Anak anak akan senang bila menaiki kuda seperti seorang koboy. Kuda yang dinaiki bukan kuda pacu, melainkan sejenis kuda poni. Anak anak bisa mengelilingi Taman Margasatwa Ragunan dengan kuda poni tersebut. Akan ada pemandu yang akan menemani saat berkeliling.

Penyewaan Sepeda

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Taman Margasatwa Ragunan ini luasnya sekitar 140 hektar. Pasti sangat melelahkan bukan? jika penjung malas atau merasa lelah, bisa menyewa sepeda yang disediakan disini. Ada jenis sepeda tunggal ada pula yang ganda, pengunjung bisa memilihnya.

Kereta Keliling

Alat transportasi satu ini juga menjadi alternatif apabila anda kelelahan berjalan kaki. Dengan kereta keliling kita bisa berkeliling sambil melihat pemandangan aneka satwa yang berada di Taman Margasatwa Ragunan.

Taman Perahu Angsa

Danau buatan seluas 2000 mdengan pulau pulau yang juga buatan ini dapat kita telusuri menggunakan perahu angsa.

Pentas Satwa

Menyaksikan berbagai macam jenis satwa yang melakukan atraksi dapat ditemui di Pentas Satwa. Seperti melihat beruang beraktrasi mengendarai sepeda, burung kakaktua yang pandai bermain dan berbicara. Atraksi dari hewan hewan tersebut dapat menghibur pengunjung yang hadir. Pentas Satwa dibuka pada pukul 10.00 – 15.00 WIB dengan biaya tiket sebesar Rp.4000,- / orang.

Kuda Bendi

Kuda Bendi merupan salah satu alat transportasi, moda transportasi ini sudah langka. Pengunjung dapat menaiki moda transportasi langka ini. Satu bendi dapat mengangkut maksimal 4 orang.

Fasilitas Taman Margasatwa Ragunan

Fasilitas yang tersedia di Taman Margasatwa Ragunan ini cukup memadai. Seperti terdapat area parkir yang luas, mushola, toilet yang bersih, dan terdapat penjual makanan khas betawi seperti kerak telor tersedia disini.

Jadwal dan Biaya Tiket Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan dibuka pada hari Selasa sampai dengan Minggu, pukul 09.00 – 16.00 WIB. Untuk hari Senin tutup dikarenakan hari libur bagi para satwa.

Biaya masuk untuk para pengunjung:

  • Anak-anak sebesar Rp. 3000,-/orang
  • Dewasa sebesar Rp. 4000,-/orang

Biaya parkir kendaraan :

  • Sepeda : Rp. 1000,-
  • Motor dan kendaraan roda tiga : Rp. 3000,-
  • Mobil sedan, mobil pickup, minibus dan sejenisnya : Rp. 6000,-
  • Bus kecil, truk kecil, mobil box kecil : Rp. 12.000,-
  • Bus besar, mobil box besar, truk besar : Rp. 15.000,-

Berikut biaya untuk obyek wisata yang ada di Taman Margasatwa Ragunan :

Gajah tunggang Rp 7500,-/sekali keliling
Unta tunggang Rp 7500,-/sekali keliling
Kuda tunggang Rp 5000,-/sekali keliling
Taman satwa anak Rp 2500,-/sekali keliling
Sepeda tunggal Rp 10.000,-/orang
Sepeda ganda Rp 15.000,-/orang
Kuda bendi Rp 10.000,-/sekali keliling
Pentas satwa Rp 4000,-/orang
Taman perahu angsa Rp 15.000,-/sekali keliling
Pusat Primata Schmutzer Rp 6000,- per orang (usia 3 tahun ke atas, pada hari Selasa-Jumat)
Pusat Primata Schmutzer ·         Rp 7500,- per orang (usia 3 tahun ke atas, pada hari Sabtu-Minggu dan libur).
Kereta keliling Rp 7500,-/sekali keliling

 

Transportasi menuju Taman Margasatwa Ragunan

Taman Marga Satwa Ragunan berlokasi di Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan. Para pengunjung bisa menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta ( koridor 6 ) angkutan umum, atau jika anda membutuhkan transportasi dengan servis yang memuaskan, pastikan Anda segera menghubungi kami. Sewa ELF Jakarta Murah ke Ragunan Puma Wisata dan buktikan sendiri pelayanan maksimal dari kami. Setiap saat Anda menghubungi, kami akan siap bertugas. Proses pemesanan armada kami pun tidak rumit. Bila masih ragu, Anda dapat memeriksa website kami di : www.pumawisata.co.id atau langsung mengontak admin kami di nomor-nomor yang tertera di website, baik melalui telepon, pesan singkat, maupun aplikasi Whatsapp. Silakan dicoba dan buktikan betapa maksimalnya pelayanan kami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *