Berwisata ke Warisan Dunia Candi Borobudur Bersama Sewa ELF Murah Jakarta

Berwisata ke Warisan Dunia Candi Borobudur Bersama Sewa ELF Murah Jakarta

Sewa ELF Murah Jakarta ke Candi Borobudur dengan Puma Wisata. Berlibur dan berwisata ke Candi merupakan hal yang menyenangkan. Selain berlibur, pengunjung juga dapat belajar mengenai sejarah.

Manfaat berlibur bukan hanya sekedar untuk bersantai atau melepaskan stres, tapi juga bisa menambah pengetahuan. Banyak tempat wisata yang dapat mengedukasi bagi para pengunjungnya. Selain dapat mengedukasi juga dapat mengetahui sejarah yang terkandung didalamnya. Tempat wisata yang mempunyai sejarah dapat menjadi pilihan wisatawan.

Candi Borobudur adalah salah satu candi yang banyak memiliki sejarah. Candi Borobudur termasuk dalam Candi Hindu terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Setiap harinya candi borobudur ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Relief relief pada bangunan Candi Borobudur sangatlah indah. Arsitektur pada bangunan candi juga sangat megah. Candi Borobudur juga memiliki area yang sangat luas. Serta sejarah dari Candi Borobudur yang melegenda membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Tak hanya itu, karena Candi Borobudur sangatlah berharga, maka UNESCO salah satu badan dari PBB, menetapkan bahwa Candi Borobudur adalah Warisan Dunia. Kekayaan sejarah dan budaya dari Candi Borobudur ini sendiri sudah diakui oleh dunia.

Berwisata ke Candi Borobudurdapat bermanfaat bagi yang mengunjunginya. Selain liburan yang didapat, sekaligus dapat belajar sejarah dan mengagumi hebatnya budaya dan warisan dari leluhur. Dengan belajar sejarah kita akan semakin mencintai negeri sendiri.

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Candi Borobudur dibangun oleh masyarakat penganut agama Budha Mahayana pada masa Pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi Borobudur dibangun pama masa kejayaan Syailendra. Candi Borobudur dibangun dsekitar tahun 800 Masehi atau abad ke 9. Candi ini kemungkinan dibangun pada tahun 824 masehi dan selesai pada tahun 900 masehi. Saat candi selesai dibangun pada masa Pemerintahan Ratu Pramudawardhani. Ratu Pramudawardhani merupakan putri dari Raja Samaratunngga. Dimana Raja Samaratungga ialah pendiri Candi Borobudur yang berasal dari wangsa Syailendra. Sedangkan arsitek dari bangunan candi borobudur adalah Gunadharma.

Nama Borobudur diambil berdasarkan bukti tertulis yang ditulis oleh Gubernur Jendral Britania Raya bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Beliau lah yang memberikan nama Candi Borobudur. Tidak ada bukti lain yang lebih tua yang menyebutkan asal nama atau pemberi nama candi ini. Hanya kitab Nagakretagama satu satunya dokumen yang paling tertua menunjukan keberadaan Candi Borobudur. Kitab Nagakretagama ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365. Didalam kitab tersebut dituliskan bahwa Candi Borobudur digunakan oleh masyarakat penganut Budha sebagai tempat meditasi.

Borobudur mempunyai arti yaitu “biara di perbukitan”. Diambil dari  bahasa Sansekerta, berasal dari dua suku kata yakni “bara” (candi atau biara) dan “beduhur” (perbukitan atau tempat tinggi). Karena dianggap sesuai dengan arti nama Borobudur, makan candi iini dijadikan tempat untuk beribadah bagi umat budha.

Penemuan Kembali Candi Borobudur

Selama berabad abad Candi Borobudur sudah tidak digunakan lagi. Pada saat kejadian letusnya Gunung Merapi, sebagian besar bangunan Candi tertutup oleh abu dan tanah vulkanik. Selama berabad abad candi borobudur tidak terurus. Selain abu dan tanah yang menutupi bangunan candi, terdapat banyak sekali semak belukar dan pepohonan yang menutupi candi. Sekitar abad ke 15 agama islam masuk di Indonesia. Seolah keberadaan Candi Borobudur ini menghilang.

Pada tahun 1814 Bangsa Inggris menduduki Indonesia. Gubernur Jendral Britania Raya bernama Sir Thomas Stamford Raffles mendengar ada temuan purbakala raksasa di daerah Magelang. Karena minat beliau tinggi terhadap sejarah jawa, maka ia memerintahkan H.C. Cornelius untuk menyelidiki temuan tersebut. Pada saat penyelidikan H.C. Cornelius menemukan sebuah bukit yang dipenuhi oleh semak belukar. Kemudian H.C. Cornelius dibantu oleh beberapa pekerjanya untuk menebang pohon dan menyingkirkan semak belukar yang menutipi bangunan raksasa tersebut. Dan membersihkan candi dari tanah dan abu vulkaik yang menutupi candi.

Kemudian H.C. Cornelius memberitahu hasil penemuan dan penyelidikannya kepada Sir Thomas Stamford Raffles. Beliau memfoto dan memberitahu kondisi dari bangunan tersebut. Bahwa bangunan raksaksa itu sebagian sudah rapuh dan beberapa bisa runtuh. Dari penemuan purbakala tersebut, Sir Thomas Stamford Raffles mendapat penghargaan. Penghargaan sebagai orang yang memulai pemugaran Candi Borobudur. Beliau mendapat perhatian dunia karena hal tersebut.

Pada tahun 1835, saat itu Indonesia sedang dijajah oleh Belanda. Pada saat itu perbaikan candi masih terus dilakukan, dan seluruh area candi sudah berhasil digali dan ditemukan.

Pada tahun 1956, setelah Indonesia merdeka, Pemerintah meminta bantuan kepada UNESCO untuk meneliti lebih lanjut dari kerusakan Candi Borobudur. Pada tahun 1963, Pemerintah mendapat bantuan dari UNESCO untuk melakukan pemugaran Candi Borobudur. Saat itu Candi tak langsung dilakukan pemugaran. Kemudian pada tanggal 10 Agustus 1973, barulah Candi Borobudur dilakukan pemugaran. Pemugaran Candi Borobudur berakhir pada tahun 1984. Pada tahun 1991, UNESCO menetapkan bahwa Candi Borobudur ditetapkan sebagai World Heritage Site atau Warisan Dunia.

Pesona Candi Borobudur

Saat ini Candi Borobudur menjadi tujuan tempat wisata favorit bagi wisatawan. Yang datang ke Candi Borobudur bukan wisatawan dari dalam negeri melainkan juga banyak dari luar negeri. Banyak wisatawan asing yang datang untuk melihat betapa megahnya Candi Borobudur. Tak sedikit wisatawan yang kagum akan peninggalan bersejarah ini.

Candi Borobudur tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata saja. Candi ini juga digunakan oleh umat agama Budha di Indonesia sebagai tempat untuk beribadah dan tempat ziarah.

Candi Borobudur juga memiliki daya pikat yang dapat menarik wisatawan. Berikut beberapa Daya pikat yang dimiliki Candi Borobudur :

Megahnya bangunan Candi Borobudur

Tak perku diragukan lagi kalau candi ini adalah satu satunya candi terbesar di dunia. Jika dilihat dari dekat, akan sangat terasa bila bangunan candi borobudur sangatlah besar. Area candi dan sekitar candi juga sangat luas. Candi Borobudur berada diketinggian. Keindahan dari arsitektur dari bangunan candi juga sangat cantik. Didukung oleh keindahan alam sekitar candi membuat Candi Borobudur terlihat megah dan menawan.

Relief Candi Borobudur

Terdapat relief relif di bangunan candi yang sangat indah membuat siapa saja yang melihatnya kan terkesan. Terdapat pula stupa yang tak kalah indahnya. Arsitektur bangunan Candi menggunakan konsep gaya mandala. Selain itu mengambil konsep alam semesta dalam kepercayaan Budha.

Terdapat 3 Zona Candi Borobudur :

Kamandhatu, yaitu 160 relief dinding mengenai  penjelasan Karmawibhangga Sutra (hukum sebab-akibat). Hal ini melambangkan alam dunia.

Rupadhatu, yaitu ukiran relief dan patung budha. Ada sekitar 328 patung budha yang terdapat di Candi Borobudur. Patung patung budha tersebut dihiasi dengan relief yang sangat cantik. Hal ini melambangkan alam peralihan, alam dimana manusia terbebas dari urusan dunia.

Arupadhatu, Zona ini merupakan area lingkaran di pusat candi. Zona ini terdiri dari tiga serambi yang mengarah ke kubah bagian tengah. Pada area ini tidak terdapat hiasan relief melambangkan kemurnian tinggi.

Sunrise Candi Borobudur

Melihat sunrise adalah salah satu daya tarik di Candi Borobudur selain bangunan candi, patung dan relief . Melihat terbitnya matahari dari candi borobudur yang paling banyak menarik para wisatawan untuk datang. Panorama melihat matahari terbit dari puncak candi adalah hal yang sangat mempesona. Banyak wisatawan yang mengabadikannya.  Tidak heran jika banyak wisatawan yang rela datang pagi pagi sekali hanya untuk melihat sunrise disini.

Untuk dapat melihat sunrise dari puncak Candi Borobudur, wisatawan dikenakan biaya. Biaya untuk Wisatawan Domestik Rp. 325.000 /orang (dewasa) dan Rp 162.500/orang (anak-anak). Biaya ini sudah termasuk snack dan minuman.

Safari Gajah Borobudur

Jika pengunjung ingin mengelilingi area Candi Borobudur, terdapat wahana safari gajah disini. Kegiatan yang bisa dilakukan safari gajah seperti menunggang gajah, berfoto atau memberi makan gajah. Pengunjung dikenakan biaya jika ingin bersafari gajah.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Harga tiket masuk candi borobudur untuk wisatawan domestik adalah sebagai berikut;

Tiket Perorangan

Keterangan Harga
Taman Wisata Candi Borobudur  
Dewasa Rp. 40.000,-
Anak anak ( usia 3 – 10 ) Rp. 20.000,-
TWC Borobudur, Pawon, Mendut  
Dewasa Rp. 60.000,-
Anak anak ( usia 3 – 10 ) Rp. 30.000,-

Sudah termasuk asuransi Rp 500.

Tiket Rombongan

Keterangan Harga
Taman Wisata Candi Borobudur Rp. 20.000,-/orang
TWC Borobudur, Pawon, Mendut Rp. 30.000,-/orang

Sudah termasuk asuransi. Harga berlaku untuk rombongan pelajar dan mahasiswa dengan surat pengantar dari sekolah/universitas).

Tiket Paket Terusan

Keterangan Harga
Candi Borobudur – Candi Ratu Boko  
Dewasa Rp. 75.000,-
Anak anak ( usia 3 – 10 ) Rp. 35.000,-
Candi borobudur – Prambanan  
Dewasa Rp. 75.000,-
Anak anak ( usia 3 – 10 ) Rp. 35.000,-
Candi borobudur – sendratari ramayana (kelas II)  
Dewasa Rp. 150.000,-
Anak anak ( usia 3 – 10 ) Rp. 135.000,-

 

Lokasi dan Transportasi Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya sangatlah mudah untuk dijangkau, terdapat rambu menuju ke Candi Borobudur. Jika anda ingin berwisata ke candi Borobudur bersama dengan keluarga dan atau teman teman anda, bisa emnggunakan alternatif kendaraan. Sewa ELF Murah Jakarta Puma Wisata menjadi solusinya. Kapasitas ELF sedang 12 – 15 orang dan ELF Long 19 orang. Sangat nyaman dan aman untuk mengantarkan liburan anda ke Candi Borobudur. Tunggu apalagi pesan sekarang juga di www.pumawisata.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *