Arung Jeram Citatih Pemicu Andrenalin

Arung Jeram Citatih Pemicu Andrenalin

Mengunjungi tempat wisata bersama sama dengan keluarga merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika pergi dilakukan secara bersama sama, semakin menambah keakraban. Puma Wisata Sewa ELF Murah Jakarta menjadi salah satu solusi terbaik transportasi anda. Watter Sport yang sangat menarik dan seru untuk dilakukan ramai ramai adalah Arung Jeram.

Kegiatan yang dilakukan baik secara kelompok maupun individual ini menjadi kegiatan olahraga yang favorit bagi kalangan muda maupun tua. Olahraga arung jeram ini sudah banyak dijadikan sebagai obyek wisata alam. Bagi wisatawan yang ingin berwisata sambil menantang adrenalin, arung jeram menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan.

Sejarah Arung Jeram Dunia

Arung Jeram merupakan cabang Olahraga, disebut juga dengan Olah Raga Arus Deras atau ORAD. Kegiatan yang dilakukan mengarungi sungai ini termasuk kedalam bidang olahraga karena memiliki unsur olahraga, selain olahraga juga terdapat unsur petualangan alam yang menantang dan seru.

Arung Jeram olahraga yang masuk kedalam sektor pariwisata ini, awal mula diperkenalkan oleh Mayor John Wesley Powell. Beliau juga dijuluki sebagai bapak arung jeram dunia. Mulanya beliau memperkenalkan arung jeram saat beliau menyusuri sebuah sungai Colorado, sungai ini memiliki panjang sungai sejauh 250 mil. Saat mengarungi sungai, John Powell melintasi berbagai macam jenis tebing yang sangat indah, saat ini dikenal dengan Grand Canyon. John powell saat mengarungi sungai, menggunakan transportasi perahu yang terbuat dari susunan kayu. Setelah itu, perkembangan arung jeram merambah ke Benua-benua besar yang lain seperti Benua Amerika, Benua Eropa. Dalam perkembangan di benua-benua tersebut dilakukan oleh para suku Indian yang berada di Canada.

Suku Indian merakit kayu-kayu sehingga terbentuk seperti getek, hasil inilah yang menjadi alat transportasi air bagi suku Indian. Kemudian pada abad ke-19,  John Mc Gregor seorang Pramuka yang berasal dari Negeri Paman Sam merubah alat transportasi air sederhana tadi menjadi salah satu olahraga air serta sarana rekreasi. Perahu kayu tadi dikembangkan menjadi perahu yang terbuat dari bahan dasar plastik, alumunium, karet serta fiberglass.

Perkembangan Arum Jeram di Indonesia

Semakin berkembangnya olah raga arung jeram di berbagai benua, membuat meluasnya penyebaran olahraga ini, tidak terkecuali di negara Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sungai yang banyak dan debit sungai nya pun cukup mengalir dengan deras. Pada tahun 1975 awal pertama arung jeram dimulai di Indonesia. Arung jeram di Indonesia dilakukan dengan berbagai macam ekspedisi di berbagai sungai di Indonesia. Pada mulanya, sekelompok orang dari pecinta alam mengadakan kegiatan yang bernama Citarum Rally. Semakin berkembangnya olahraga ini, sekelompok orang lainnya mengadakan ekspedisi mengarungi sungai Mahakam dan sungai Barito. Setelah itu disusul dengan melanjutkan ekspedisi di Sungai Alas.

Saat pertama kali dilakukan kegiatan Rung Jeram di Indonesia, alat/ transportasi yang digunakan masih sangat sederhana. Kemudian semakin maju, peralatan yang digunakan semakin meningkat kualitasnya. Peralatan yang digunakan meliputi perahu LCR Tentara, perahu ban dalam,  serta perahu lainnya yang memiliki kualitas yang bagus. Hingga sekarang, semakin banyak rafting di Indonesia dibuka untuk sektor Pariwisata. Selain menjadi salah satu sektor Pariwisata, olahraga highrisk arung jeram juga diadakan sebai kejuaraan Nasional Arung Jeram. Pada tahun 1994, kejuaraan ini berlangsung.

Dimasa sekarang, arung jeram lebih maju dan berkembang menjadi sarana rekreasi dan edukasi. Tempat atau sarana untuk melakukan arung jeram pun semakin banyak, di wilayah Jawa Barat seperti sungai Citarik, Cimandiri, Citatih, Cimanuk serta. Sedangkan di Wilayah Jawa Tengah terdapat sungai Progo, Serayu dan Elo yang biasa diarungi. Jawa Timur ada sungai Ireng-ireng di lereng Gunung Semeru, yang cukup menantang adrenalin.

Wisata Arung Jeram Sungai Citatih

Sukabumi merupakann salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal memiliki pesona alam yang sangat menawan, berbagai tempat wisata terdapat di Wilayah ini. Pada tahun 2009, olahraga arung jeram dikenal oleh masyarakat Sukabumi. Di Sukabumi terdapat dua sungai yang dapat diarungi untuk rafting, yaitu sungai Citarik dan sungai Citatih. Kedua sungai tersebut sangat diminati oleh para pecinta rafting atau arung jeram.

Sungai Citatih merupakan yang paling populer dikalangan para pecinta rafting atau arung jeram, terdapat grade 3+. Kawasan sungai Citatih dikelilingi berbagai pesona alam seperti hutan hujan, area persawahan, kicauan burung burung, pemandangan yang terdapat disekitar sungai, dan keadaan sungainya pun bersih belum tercemari oleh limbah limbah seperti sungai yang berada di Jakarta. Bukan hanya pemandangan alamnya yang menarik, akan tetapi arus sungai Citatih yang berarus deras dan berliku ini menjadikan tantangan bagi yang mengarunginya. Aliran sungai yang deras, serta debit air sungai yang tidak pernah surut sekalipun pada musim kemarau tiba, membuat Sungai Citatih dipilih sebagai lokasi rafting atau arung jeram.

Menantang Adrenalin dengan 22 Km

Aliran sungai Citatih berasal dari Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Tingkatan kesulitan pada Sungai Citarik ada berbagai tingkat, mulai dari grade 1 sampai dengan grade 4. Bagi anda yang baru pertama kali melakukan rafting, tidak perlu khawatir karena disini ada para pemandu yang akan menemani wisatawan saat melakukan kegiatan rafting atau arung jeram ini. Para pemandu atau instruktur disini sudah sangat profesional dan bersertifikat. Pengunjung juga akan dilengkapi dengan perlengkapan standar keamanan yang tinggi. Walau arus sungai di Sungai Citarik deras, namun masih tergolong aman.

Jarak dari rafting sungai Citatih ini memiliki panjang rute 22 km, dengan sekitar 20 jeram yang dapat memacu adrenalin. Dari 22 km terbagi menjadi 2 track, yakni track pertama sepanjang 13 km disebut sebagai Advanture Trip, sifat dari track ini yaitu pull and down, dimana pada awal trip jeram bersifat datar, kemudian di trip tengah banyak jeram jeram yang menantang, diakhir jeram kembali datar. Pada 9 km selanjutnya disebut sebagai Family Trip, mengapa disebut Family Trip? Dikarenakan jeramnya bersifat datar dan tidak terlalu liar. Track ini cocok digunakan bagi pemula, dan dilakukan bersama dengan keluarga juga rekan rekan.

Kegiatan Menantang Lainnya di Area Arung Jeram Sungai Citatih

Obyek wisata Arung Jeram Sungai Citatih ini bukan hanya kegiatan rafting, akan tetapi ada beberapa kegiatan outbound yang bisa para pengunjung lakukan disini. Kegiatan ini juga tidak kalah seru dan menyenangkan dari rafting. Berikut kegiatan outbound yang tersedia :

  1. Paintball (War Games Simulation)

Kegiatan simulasi perang pintball, kegiatan ini dilakukan oleh beberapa kelompok. Tujuan utama permainan ini adalah melatih kerja sama antar kelompok, melatih komunikasi, melatih ketangkasan, mengatur strategi agar tim bisa memenangkan permainan ini.

  1. Flying Fox (High Rope Activity)

Permainan tantangan oleh individu atau peroranngan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara meluncur dari ketinggian hingga ke area bawah melalui wire (kabel baja).

Fasilitas Arung Jeram Sungai Cicatih

Fasilitas yang disediakan lengkap seperti rescue team, tempat makan, tempat ibadah/ mushola, toilet/ kamar mandi yang bersih, area parkir yang luas. Jika anda berencana untuk menginap, tempat ini juga menyediakan penginapan. Fasilitas pendukung untuk kegiatan rafting sendiri seperti perahu karet, dayung, helm, jaket, pelampung  juga sudah memenuhi standar keamanan dan keselamatan. Jadi pengunjung tidak perlu merasa cemas karena Fasilitas pendukung di wilayah arung jeram Sungai Citatih ini sudah didukung oleh manajemen yang profesional.

Jam Buka dan Biaya Wisata Arung Jeram Sungai Citatih

Wisata Arung Jeram Sungai Citatih dibuka dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Namun, bagi pengunjung yang berada diluar wilayah Sukabumi, ada baiknya berangkat saat masih pagi hari, agar tidak terjebak macet. Jika anda merasa kerepotan untuk berangkat pagi dan harus menyetir apalagi kalau terkena macet, Puma Wisata hadir untuk menemani dan mengantar anda ke Wisata Arung Jeram Sungai Citatih. Puma Wisata menyediakan armada ELF dengan kapasitan 15-19 seats, sangat cocok digunakan untuk pergi wisata rafting bersama keluarga maupun rekan rekan.

Untuk biaya rafting di Sungai Citatih ini beragam, dari paket yang termurah hingga paket yang termahal. Jarak yang ditempuh untuk mengarungi sungai ini menjadi patokan sebagai perbedaan harga yang diberikan. Harga paket mulai dari kisaran Rp. 245.000,-  sampai Rp. 400.000,- sedangkan untuk paket tambahan lainnya berkisar antara Rp. 200.000 sampai 1.000.000 tergantung paket yang mana akan diambil.

Lokasi menuju Wisata Arung Jeram Sungai Citatih

Wisata Arung Jeram Sungai Citatih terletah di Warungkiara, Pelabuhan Ratu, Sukaharja, Sukabumi, Jawa Barat, kode pos 43362. Wisatawan dapat menuju Sukabumi, lalu melewati kawasan Cibadak, kemudian dilanjutkan ke arah Pelabuhan Ratu, dari sana akan ada petunjuk untuk ke lokasi rafting Sungai Citatih. Bagi anda yang susah mencari alamat atau mau yang praktis tinggal antar ke lokasi, Puma Wisata Rental ELF Murah Jakarta dapat mengantarkan anda ke tempat wisata Arung Jeram Sungai Citatih. Pengemudi yang kompeten, serta proses yang mudah, pastikan Anda memilih kami sebagai layanan penyedia transportasi liburan Anda.

Tinggalkan Balasan