Bogor Kembangkan Petensi 96 Situ Wisata

Bogor Kembangkan Petensi 96 Situ Wisata

Pariwisata selalu menjadi salah satu sumber devisa atau sumber pendapatan asli di daerah (PAD) di banyak kabupaten di Indonesia, termasuk dengan Kabupaten Bogor yang memiliki banyak situ atau telaga maupun danau.

Hal itu juga yang membuat Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berkeinginan mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Bogor, salah satunya dengan memaksimalkan pengelolaan sebanyak 96 situ yang ada di daerah tersebut, selain sungai besar.

“Situ ini menjadi salah satu destinasi wisata yang telah kita kembangkan. Kabupaten Bogor memiliki 96 situ, dan Situ Cibinong ini salah satunya. Situ yang lainnya adalah pekerjaan rumah kita bersama bagaimana kita mengelolanya,” ujar Bupati Bogor Ade Yasin di Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin, 04 November 2019 kepada awak media.

Ade mewanti-wanti masyarakat Kabupaten Bogor agar melestarikan 96 situ tersebut, sehingga tidak beralih fungsi. Beliau khawatir beberapa dari situ yang akan diberdayakan menjadi destinasi wisata itu justru malah menjadi tempat sampah, ataupun tertimbun tanah sehingga terjadi pendangkalan.

Diabaikan dan tidak terawat, serta semakin berkurangnya pohon di sekitar situ adalah kendala yang sering terjadi, hingga danau kecil di berbagai daerah sering hilang, itu terjadi tidak hanya di Kabupaten Bogor, termasuk di pulau lain di Indonesia, baik itu di Sumatera hingga Kalimantan.

Ade Yasin mengajak agar Pemkab dengan masyarakat bersama-sama melestarikan situ, karena situ adalah harta dan modal untuk mengembangkan dunia pariwisata di Kabupaten Bogor.

Lokasisinya yang dekat dengan kota besar, Jakarta dengan kota satelitnya serta Bandung, diharapkan kunjungan wisata lokal tidak putus-putus, terutama di akhir pekan atau hari libur.

Puma Wisata, penyedia layanan rental ELF di Jabodetabek, termasuk penyedia layanan sewa bus medium di Jakarta, sering membawa tamunya berkunjung ke beberapa situ yang ada di Bogor, ada yang piknik dan berbagai kegiatan kelompok, dan lain-lain.

Bupat berharap kegiatan bebersih situ menjadi agenda rutin yang harus dikerjakan, baik oleh ASN dengan melibatkan masyarakat. “Kita juga sudah menyiapkan tong sampah di berbagai lokasi, jadi jangan sampai ada lagi yang buang sampah sembarangan. Kalau Cibinong bersih Insya Allah semua juga akan bersih,” katanya.

Seperti diketahui, pada masa kepemimpinan Bupati Ade Yasin, Pemkab Bogor menargetkan angka kunjungan wisata menjadi sepuluh juta wisatawa per tahun, dari kondisi sekarang yang angka kunjungan wisatanya baru sebanyak 7,3 juta wisatawan per tahun. Angka ini terus ditingkatkan agar PAD dari sektor pariwisata meningkat. (Sumber, Antara)

Tinggalkan Balasan