Curug Bidadari Air Terjun di Sentul Bogor

Curug Bidadari Air Terjun di Sentul Bogor

Ada banyak tempat wisata didaerah Bogor yang menjadi tujuan untuk berlibur. Jaraknya yang dekat dengan Jakarta membuat kawasan Bogor ramai dikunjungi oleh warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Namun tak sedikit yang mengeluh akan jalanan yang padat jika menuju Bogor Puma Wisata, Sewa ELF Murah Jakarta ke Curug Bidadari siap melayani perjalanan anda bersama keluarga ataupun rekan rekan anda ke tempat wisata yang terdapat didaerah Bogor, Jawa Barat.

Pernahkah anda mendengar kata curug? Terbesitkah anda jika berlibur ke curug? Ada apa saja di curug?. Curug merupakan wisata alam yang wajib ada dilist liburan anda. Terletak di Sentul Paradise Park Bogor, ada sebuah curug yang menarik perhatian para wisatawan. Curug itu bernama Curug Bidadari. Curug Bidadari menjadi alternatif tujuan berlibur bagi anda yang menyukai alam dan tidak ingin menempuh perjalanan jauh ke luar kota. Lokasinya tidak jauh dan mudah untuk dijangkau. Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu liburan, tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Asal Muasal Curug Bidadari

Dahulu, Air Terjun Bidadari lokasinya tersembunyi, oleh karena itu tidak banyak yang tau akan keberadaannya. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun, anda perlu menempuh jarak yang lumayan jauh sekitar 2 km dengan berjalan kaki. Terdapat bukit membentuk lembah yang menutupi setengah air terjun sehingga tampak sebagian, tak nampak keseluruhan dari view air terjun. Sehingga keindahan dari air terjun ini tidak terekspos dengan maksimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, akhirnya bukit yang membentuk lembah itu digali untuk membuat akses jalan menuju air terjun. Penggalian ini juga berguna untuk membuat tempat kolam penampungan air yang mengalir dari air terjun. Ada kendala lain yang muncul setelahnya, yaitu sebuah batu besar yang tepat berada didepan air terjun. Akhirnya batu tersebut dibelah untuk dijadikan hiasan. Apabila dilihat dari kejauhan, batu besar tersebut seakan terbelah oleh air terjun dan memberi jalan untuk aliran air.

Konon cerita yang beredar di masyarakat, diantara bebatuan raksasa terdapat sebuah celah yang dulu merupan tempat Jaka Tarub bersembunyi. Jaka Tarub menggunakan celah tersebut untuk mengintip para bidadari dari khayangan yang sedang mandi di air terjun. Alhasil dari legenda tersebut, mengapa dinamakan Air Terjun Bidadari karena dulunya Air Terjun tersebut digunakan mandi oleh Bidadari dari khayangan. Saat ini Air Terjun Bidadari dikenal oleh para wisatawan dengan Curug Bidadari.

Daya Pikat Curug Bidadari

Curug Bidadari saat ini sudah sangat populer dikalangan wisatawan, atau tempat wisata alam yang terdapat air terjun. Pada saat musim liburan, saat weekend tempat ini banyak dikunjungi oleh para pengunjung, baik dari daerah Bogor, Jakarta, maupun luar kota lainnya.

Akses jalan menuju lokasi air terjun pun tidaklah sulit untuk dilalui. Para pengunjung dapat melewati jembatan buatan yang cukup panjang, dan jaraknya tidak begitu jauh dari area parkir kendaraan. Wisatawan juga tidak perlu merasa khawatir tentang jarak yang akan ditempuh dan medan yang akan dilalui. Tidak seperti lokasi air terjun pada umumnya dimana harus melewati bukit karena letaknya yang berada dibawah pegunungan.

Wisata air terjun disini tidak hanya melihat pesona air terjun saja. Dibawah aliran air terjun terdapat kolam penampung yang digunakan sebagai tempat bermain air. Menikmati permainan air dibawah guyuran air terjun merupakan pengalaman tersendiri. Maka tak heran, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung baik saat weekend bahkan saat weekday juga ramai dikunjungi.

Panorama dari Curug Bidadari sangatlah menarik karena air terjun ini berketinggian mencapai 50 meter. Aliran air yang mengalir dari air terjun debitnya cukup deras dan jernih. Air yang menuju curug merupakan aliran dari kawasan hutan lindung yang alami. Hal unik lainnya yang dapat kita temui adalah diarea jatuhnya air terjun terdapat kolam berpasir putih. Tempat ini menjadi salah satu spot favorit oleh para pengunjung untuk bermain air.

Seperti yang telah diketahui, pada pembahasan sebelumnya bahwa ada batu besar yang terbelah menjadi dua bagian diantara air terjun. Para pengunjung mengenalnya atau menyebutnya dengan sebutan short cut atau sebagai lorong/jalannya dari air terjun. Keberadaan batu yang terbelah itu juga menambah keunikan dan keindahan dari Curug Bidadari ini. Bagi pengunjung yang suka dengan foto foto, ada baiknya datang ketika cuaca cerah agar suasananya lebih indah saat terkena cahaya matahari.

Obyek Wisata Curug Bidadari

Hal apa yang dilakukan ketika berwisata ke air terjun? Ada banyak hal yang bisa kita lakukan saat kita berada di tempat wisata ini. Selain menikmati panorama dari Air Terjun itu sendiri, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan, dijamin sangat menyenangkan :

Berenang atau Bermain Air

Kegiatan ini merupakan hal yang paling sering dilakukan atau paling favorit oleh para pengunjung. Berenang maupun bermain air dikolam bawah air terjun dapat dilakukan semua para pengunjung. Baik dikalangan dewasa maupun anak-anak. Terdapat 2 kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. Kolam ini dibedakan dari jenis pengunjung, untuk pengunjung dewasa ada wave pool dengan kedalaman air kira kira mencapai 1,5 meter. Khusus anak-anak ada lazy pool dengan kedalaman air sekitar 30cm. Jadi tidak perlu khawatir jika anak anak ingin berenang ditempat ini, karena tidak akan tenggelam.

Luas dari kolam ini sekitar 6400 meter persegi, jadi cukup puas jika bermain dikolam  berair jernih alami bersama keluarga. Jika tidak bisa berenang disini pula disediakan atau disewakan pelampung untuk berenang. Apabila para pengunjung berencana berlibur ke Curug Bidadari sebaiknya membawa perlengkapan mandi seperti sabun, shampo, handuk, baju ganti atau lainnya. Walaupun Curug Bidadari sudah modern sekarang, jangan khawatir akan air yang berada dikolam. Airnya tidak akan membuat anda mengalami gatal-gatal. Dikarenakan air dikolam ini merupakan air alami yang mengalir dari air terjun, airnya pun jernih tidak kotor. Para pengunjung bisa berenang sambil menikmati pemandangan yang alami dan udara sejuk dari Curug Bidadari.

Berkeliling Menggunakan Perahu

Ada alternatif lain jika pengunjung tidak mau berbasah basahan berenang atau bermain air. Pengunjung bisa menaiki perahu yang disediakan dan disewakan oleh pihak pengelola. Para pengunjung dapat mengelilingi kawasan wisata air terjun dengan pemandangan yang sangat indah. Tidak hanya itu, para pengunjung bisa berfoto, berselfie diantara indahnya air terjun yang mengalir.

Bermain Pasir ala Pantai

Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan oleh para pengunjung adalah bermain pasir disekitaran air terjun. Mengapa ada pasir dikawasan air terjun? Tidak seperti tempat air terjun lainnya yang hanya ada tebing dan bebatuan. Pihak pengelola Curug Bidadari ingin menampilkan konsep air terjun yang modern seperti terlihat dipantai. Oleh karena itu kawasan didekat air terjun ditambahkan pasir putih. Hal tersebut menambah keunikan dan kecantikan dari Curug Bidadari. Pasir putih ini didatangkan langsung dari Pulau Bangka. Bagi kalian yang tidak ingin jauh jauh ke pantai untuk bisa bermain dengan pasir putih, datang saja ke Curug Bidadari. Bermain pasir putih sambil melihat pemandangan air terjun yang tidak bisa ditemui dipantai.

Terbang dengan Flaying Fox

Tidak hanya terdapat wisata air disini. Para pengunjung juga bisa menguji adenalin dengan mencoba wahana Flying Fox.yang disediakan oleh pihak pengelola. Untuk bisa merasakan sensasi menaiki flyaing fox sambil melihat pemandangan air terjun dan sekitarnya, pengunjung tidak perlu merogoh kocek yang dalam, karena harganya cukup terjangkau. Hal yang menarik bukan? Terdapat wahana flying fox dikawasan air terjun, dijamin akan sangat seru.

Para pengunjung yang hanya ingin menikmati pemandangan air terjun juga bisa bersantai santai di gazebo/ saung yang tersedia disana. Pengunjung juga bisa sambil menikmati cemilan, makanan yang dibawa. Jika tidak membawa makanan atau cemilian, disana terdapat warung makan. Tersedia berbagai menu makanan khas Jawa Barat yang tentu saja dapat menggoyang lidah dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Bidadari

Fasilitas yang tersedia disini cukup memadai seperti area parkir yang cukup luas, tempat ibadah/mushola, toilet/kamar mandi yang bersih. Dan juga disediakan berbagai fasilitas penunjang antara lain seperti, saung/gazebo, aula, penyewaan pelampung, penyewaan perahu, dan berbagai pusat wisata kuliner disekitar lokasi air terjun.

Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh berbagai kalangan pengunjung, dari segala umur. Dan menjadi destinasi liburan untuk keluarga saat berada di Bogor.

Akses Menuju Curug Bidadari

Curug Bidadari berlokasi di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan, Madang, Bogor, Jawa Barat. Dahulu tempat ini bernama Curug Bojong Koneng, karena nama lokasi itu berada di daerah Bojong Koneng. Setelah tempat itu dikelola oleh pihak Sentul Paradise Park menjadi tempat wisata yang modern dan masa kini. Tempat tersebut diberi nama Curug Bidadari, atau Air Terjun Bidadari. Para pengelola tidak merubah set alam yang ada disini, pemandangan disini masih sama dan masih sangat asri.

Untuk dapat ketempat ini, rute yang diambil cukup mudah, jika kalian berasal/dari kawasan Bogor, pengunjung bisa melewati jalur pintu keluar tol Sentul City. Kemudian jalan lagi sekitar 1 km ada persimpangan jalan, pilih jalur kiri. Setelah itu ikuti jalan utama dan ada petunjuk arah yang menuju lokasi air terjun.

Jika pengunjung berasal dari Jakarta, sebaiknya menggunakan ruas tol Jagorawi, kemudian keluar di pintu Tol Sentul City, setelah keluar tol, pilih jalur kiri lalu ikuti petunjuk jalan menuju kawasan Sentul Paradise Park.

Harga Tiket Curug Bidadari

Pengunjung dikenakan tarif untuk bisa memasuki tempat ini, pengunjung dengan umur diatas 2 tahun dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 25.000,-/orang ( hari biasa) dan Rp. 30.000,-/orang (hari libur). Harga tiket ini bisa sewaktu waktu berubah atau ada kenaikan sesuai dengan kondisi. Misal pada saat musim libur sekolah, atau libur Nasional. Untuk biaya parkir bagi kendaraan beroda dua ( motor) Rp. 4000,-/unit , sedangkan untuk kendaraan mobil dikenakan tarif Rp. 10.000,-/unit.

Curug Bidadari dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 17.00 WIB pada hari biasa ( Senin – Jum’at). Untuk hari libur ( Sabtu – Minggu, Libur Nasional ) dibuka pada pukul 07.30 s/d 18.30 WIB.

Tips Saat Mengunjungi Curug Bidadari

Ada beberapa tips jika anda mengunjungi Curug Bidadari, diantaranya:

  1. Jika pengunjung membawa anak kecil, awasi dan jaga anak kecil jauhkan dari kolam bermain orang dewasa. Kolam orang dewasa dalamnya mencapai 1,5 meter karena dapat membahayakan bagi anak anak.
  2. Datanglah sesudah loket dibuka. Jika tidak, ada banyak pungli yang mengatasnamakan pengelola, dan meminta sejumlah uang yang jumlahnya tidak sedikit untuk membeli tiket masuk. Tiket hanya dijual diloket pembayaran yang resmi dari pengelola tempat wisata.

Itulah tips yang semoga bermanfaat bagi para pengunjung jika ingin berliburke Curug Bidadari.

Yuk kapan lagi berlibur ke tempat yang masih asri dengan pemandangan air terjun ala ala pantai yang seru bersama keluarga, rekan rekan atau bahkan pasanganmu. Rencanakan liburan yang mengasyikan ini dengan Puma Wisata Sewa ELF Murah ke Curug Bidadari. Armada ELF dengan kapasitas 15 seats dan 19 seats yang mampu menampung penumpang cukup banyak, fasilitasnya nyaman, pelayanannya ramah dan juga aman untuk dikendarai. Jadi tunggu apalagi…!! Yuk berlibur ke Curug Bidadari dijamin seru dan hubungi kami.

Jadi kapan berencana berlibur ke Curug Bidadari yang seru ini bersama keluarga, teman, sahabat atau pasanganmu?. Yuk rencanakan dari sekarang untuk berlibur ke tempat satu ini, dijamin seru!

Tinggalkan Balasan