Taman Bunga Nusantara Taman Seribu Bunga

Taman Bunga Nusantara Taman Seribu Bunga

Penat dengan suasana hiruk pikuk kota yang banyak polusi, macet. Dan ingin sesekali menikmati hari libur weekend dengan berwisata ke tempat yang banyak pepohonan, udaranya sejuk, dikelilingi bunga bunga cantik. Bogor sudah sangat terkenal dengan pemandangan dan udaranya yang sejuk. Terlebih banyak wisatawan yang sering menjadikan Bogor sebagai destinasi liburan. Banyaknya tempat wisata yang seru dan menyenangkan menjadikan wilayah ini saat weekend dikunjungi. Tak luput dari kunjungan, Taman Bunga Nusantara tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan suasana yang tenang, pemandangan yang elok.

Taman Bunga Nusantara merupakan taman bunga yang mempunyai berbagai macam tanaman/bunga dari seluruh wilayah Indonesia dan seluruh dunia. Bunga bunga dari seluruh dunia dikelompokan berdasarkan Wilayah atau Negara asal bunga tersebut ditemukan. Taman Bunga Nusantara dibangun dengan luas 23 hektar.

Taman bunga ini terletak di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi-Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Lokasinya dekat dengan Gudung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Bila ditempuh dari Jakarta sekitar 2 jam perjalanan bila tidak macet. Taman Bunga Nusantara merupakan kebanggan warga masyarakat Cianjur. Alasannya memiliki keindahan, keelokan dari berbagai jenis bunga dengan warna warna yang cantik, sedap untuk dipandang. Di Indonesia sendiri tidak semua daerah mempunyai taman bunga dengan koleksi  tanaman dan bunga selengkap dan beragam seperti di Taman Bunga Nusantara.

Taman Bunga Nusantara memiliki hingga 2000 jenis anggrek. Tanaman ini dirawat dan dibudidayakan dengan baik. Taman Bunga Nusantara tidak hanya sebagai kebun bunga, tetapi ada berbagai jenis objek wisata yang mempunyai daya tarik bagi pengunjung.  Bagi penyuka tanaman hias, atau budidaya bunga tempat ini cocok dikunjungi. Atau sekedar ingin menambah pengetahuan anda tentang jenis bunga dari dalam dan luar Indonesia. Selain mendapatkan ilmu, juga mendapatkan pengalam baru mengenai jenis jenis bunga.

Sekilas Berdinya Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan pelopor taman bunga pertama di Indonesia. Taman yang dilengkapi dengan berbagai jenis koleksi tanaman. Tanaman bunga yang tersebar dunia, unik maupun tanaman bunga yang cantik. Tanaman bunga ini dirawat dan dibudidayakan dengan baik, sehingga menjadikan taman ini tempat tumbuh bunga bunga dari seluruh dunia. Tanaman bunga dari seluruh wilayah Indonesia, Asia, Amerika Selatan, Australia, dilahan seluas 50.000 m2.

Pada Tahun 1992 Ibu dani Bustanil Arifin, beliau merupakan penggagas dan Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara. Beliau beserta anggota dari yayasan tersebut mulai merintis pembangunan Taman Bunga Nusantara. Pelaksanaan pembangunan taman dilakukan secara mendalam dengan tahap awal pembangunan sekitar tahun 1993.

Yayasan Bunga Nusantara sudah banyak dikenal di negara negara dunia sejak Turnament of Roses. Yayasan tersebut ikut serta dalam parade kendaraan hias yang diadakan di Pasadena, California, Amerika Serikat. Berkat keikutsertaannya Yayasan Bunga Nusantara ingin menunjukan bahwa Indonesia bisa mengembangkan tanaman, baik tanaman/bunga hias bahkan tanaman unik atau langka. Dari hasil mengikuti tunamen parade kendaraan hias bunga, Yayasan Bunga Nusantara memperoleh penghargaan selama 5 tahun berturut turut memalui karya karyanya. Pengalaman tersebut memicu Yayasan Bunga Nusantara untuk membuat taman bunga mengusung konsep Internasional, yang akan memikat masyarakat dunia dengan keberadaannya.

Pada tanggal 10 September 1995 saat itu pentolan Orde Baru, Presiden Soeharto hadir menjadi pemimpin upacara pembukaan Taman Bunga Nusantara. Dan juga merayakan pembukaan akbar Taman Bunga Nusantara dan untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-50 tahun. Presiden Soeharto juga menandatangani batu peringatan di Taman Bunga Nusantara. Istri beliau, Ibu Tien Soeharto meresmikan Menara Padang yang tingginya mencapai 28 meter.

Pada tanggal 10 September 1996, diperingati sebagai hari ulang tahun pertama bagi  Taman Bunga Nusantara. Selain itu, pihak pengelola Taman Bunga Nusantara juga meresmikan obyek wisata baru berupa taman bermain, alam imajinasi.

Alasan Taman Bunga Nusantara Tercipta

Yayasan Bunga Nusantara membangun Taman Bunga Nusantara tujuannya adalah sebagai salah satu aset  wisata berbasis wisata agro nasional mencakup skala internasional. Selain tujuan utama sebagai aset wisata, ada beberapa tujuan lainnya, mengapa Taman Bunga Nusantara tercipta, yakni:

  1. Turut membantu Pemerintah dalam pembangunan pada bidang Agrowisata di Indonesia.
  2. Untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat indonesia dengan menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana untuk penelitian, serta pendidikan.
  3. Membantu pendapatan para petani bunga dan masyarakast sekitar taman, juga membantu Pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi.
  4. Membantu membudidayakan serta melestarikan tanaman tanaman yang langka dari Indonesia maupun negara lain. Memberi pengetahuan mengenai lingkungan hidup.
  5. Menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap flora, bahwa tanaman dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan sehingga tercapai kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri.
  6. Menyediakan sarana hiburan dan wisata yang nyaman. Dengan suasana taman penuh dengan tanaman yang dapat menghasilkan oksigen yang tidak bercampur polusi udara.
  7. Memberikan peluang usaha baru di Indonesia pada sektor pertanian.

Berbagai Arena di Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara memiliki berbagai macam jenis taman, berikut taman taman yang berada ditaman ini, adalah:

1.      Taman Air

Taman Air merupakan taman yang berisikan berbagai jenis tanaman yang tumbuh dan hidup diair. Tumbuhan yang memiliki daya tarik karena habitatnnya di air ini memiliki warna warna yang sangat cantik dan bentuknya beragam. Berbagai tumbuhan air ini didatangkan langsung dari wilayah Indonesia atau negara lain . Jenis dari tanaman air ini seperti Lotus. Teratai raksasa dengan bentuknya unik menyerupai nampan yang besar. Tumbuhan Cybera papyrus, talia Delbata, dan jenis tanaman air lainnya. Didekat area taman air terdapat patung dinosaurus raksasa yang menarik perhatian untuk para pengunjung yang membawa anak.

2.      Taman Mawar

Taman Bunga Nusantara memiliki area khusus untuk berbagai jenis bunga mawar dari berbagai negara. Disini para pengunjung dapat melihat bunga mawar diperlakukan sangat baik. Dipupuk, penyiraman, dan perlakuan khusus lainnya yang membuat taman mawar menjadi taman yang subur bagi bunga mawar itu sendiri.

3.      Taman Rahasia (Labyrinth)

Sebuah taman yang mengusung konsep seperti labirin. Para pengunjung diajak untuk berkeliling taman untuk menemukan jalan keluar yang ada didalam labirin ini. Taman ini bukan terbuat dari tembok, dinding pada taman labirin adalah tanaman.

4.      Taman Rumah Kaca

Taman ini berada dalam ruangan, yaitu rumah kaca yang luasnya 2000×2000 meter. Tanaman atau jenis bunga yang terdapat didalam rumah kaca ini merupakan tanaman / bunga yang sensitif akan cuaca. Tanaman yang tidak bisa terlalu terkena terik sinar matahari, saat hujan yang terus menerus. Bunga bunga disini tidak kalah cantik dengan bunga yang berada diluar rumah kaca ini.

5.      Taman Bali

Taman Bali didirikan sebagai dedikasi bagi Bali yang, wilayahnya sudah terkenal dimata dunia sebagai destinasi wisata. Taman ini dibangun dengan semirip mungkin dengan khas pemandangan Bali. Mulai dari gapura, patung patung, bale begong, bale kulkul yang  biasa pengunjung jumpai di Taman Bali. Berbagai jenis tanaman tropis khas Bali terdapat di taman ini, seperti kembang kamboja, kembang sepatu, helekonia, dan jenis tanaman tropis lainnya.

6.      Taman Perancis

Dinamakan taman Perancis karena taman ini menyuguhkan taman dengan gaya Perancis. Dimana taman Perancis ini mengusung konsep yang mengedepankan kerapihan, keserasian dan juga keseimbangan bentuk dari kreasinya. Tanaman Perdu Taiwan disusun secara rapih dan ditata sedemikian rupawan hingga membentuk bingkai yang ditengahnya terdapat buanga warna warni.

 

7.      Taman Jepang

Taman Jepang berorientasi pada taman yang berada dipekarangan pekarangan rumah di Jepang. Taman ini didesain oleh desainer dari Jepang yaitu Hamana Yosuke. Taman ini berisikan unsur unsur alam yang mendominasi seperti kayu, bebatuan. Gemercik air dari kolam serta kesederhanaan dalam mendesain taman ini membuat taman ini menciptakan suasana yang tenang dan damai. Taman ini tidak nampak seperti taman taman lain yang penuh dengan warna warni bunga. Taman ini tetap terlihat elok dengan dihiasi tanaman hijau seperti pohon pinus, cemara, dan bonsai.

8.      Taman Amerika

Konsep dari taman ini adalah Country Classic dan Native Garden. Taman ini didesain seakan akan para pengunjung diajak menikmati suasana pedesaan Amerika. Taman ini juga dihiasi bunga bunga berwarna warni seperti bunga perdu. Taman ini sering digunalkan sebagai spot foto. Tak sedikit pengunjung mengabadikan foto prewedding mereka di taman ini.

9.      Taman Palem

Dari namanya taman palem, yakni dimana taman ini berisikan berbagai macam pohon jenis pohon palem. Terdapat 100 jenis pohon palem berada ditaman ini. Palem Kipas Meksiko (Washingtonia Robusta), Screw Pine (Pandanus Utilis) dari Madagascar. Adapula pohon Palem dari jenis Palem Alexandra (Archontophoenix Alexandrae) dari Queensland Australia. Palem raksasa Cuban Royal Palm (Roystonea Regia) yang berasal dari Kuba. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berteduh, karena daun daunnya yang rindang menutupi terik sinar matahari.

Fasilitas di Taman Bunga Nusantara

  • Reflesia Mini Theater, fasilitas berupa audiovisual yang mempertotonkan kepada pengunjung mengenai tamanan langka yang ada di Indonesia ini.
  • Kereta Dotto(Dotto Train), pengunjung dapat menggunakan kereta ini untuk berkeliling taman jika merasakan lelah berjalan kaki.
  • Garden Tram, hampir sama dengan kereta dotto, kegunaannya sebagai alat transportasi, hanya saja dibagian atapnya tertutup.
  • Mobil Wira Wiri, alat transportasi dengan kapasitas penumpang 14 orang, digunakan untuk nberkeliling taman, mobil ini juga dilenngkapi audiovisual untuk memandu para pengunjung.
  • Menara Pandang, menara yang difusngsikan apabila inin melihat pemandangan taman dari atas, pengunjung bisa ke menara padang.
  • Poliklinik, jika para pengunjung merasa kurang sehat atau terjadi sesuatu dengan kesehatannya, bisa ke poliklinik yang disediakan pengelola taman.
  • Nany’s Galleria, tempat untuk membeli oleh oleh atau souvenir.
  • Cafe Marigold, cafe yang menyediakan berbagai macam makanan dari makanan daerah sampai menu western
  • Bursa Bunga dan Tanaman, tempat yang disediakan khusus bagi pengunjung yang ingin membeli bunga atau tanaman.
  • Gedung Serbaguna Saung Aki, gedung yang disewakan untuk keperluaan meeting, atau acara resepsi pernikahan.
  • Wisma Saung Nini, fasilitas ini disediakan bagi anda yang berencana menginap di Taman Bunga Nusantara.

 

Fasilitas pendukung lainnya :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Tempat ibadah/mushola
  • Tenda Elegan
  • Panggung Kecil
  • Kursi dan Meja
  • Lokasi Piknik
  • Gazebo
  • Amphiteater(Panggung Terapung)
  • Danau Angsa

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Jam operasional Taman Bunga Nusantara

Senin – Jum’at 08.00 – 17.00 WIB
Sabtu-Minggu / Hari Libur 08.0    – 17.30 WIB

Biaya Tiket Masuk / Wahana di Taman Bunga Nusantara

Keterangan Biaya
Tiket Masuk Rp 40.000/orang
Tiket Dotto Train Rp 50.000/orang
Tiket Garden Tram Rp 50.000/orang
Tiket Wara Wiri Rp 5.000/orang
Tiket Rumah Kaca Rp 5.000/orang
Peta Maze Garden Rp 1000/lembar
Parkir Motor Rp 10.000
Parkir Mobil Rp 15.000
Parkir Minibus Rp 20.000
Parkir Bus Rp 25.000

Rute dan Lokasi Menuju Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi Cipanas – Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254.

Rute jalan menuju Taman Bunga Nusantara sangat mudah. Jjika anda berada disekitar Jakarta anda bisa lewat jalan tol menuju Puncak Bogor lalu exit tol menuju Cipanas.

Jika pengunjung menggunakan transportasi umum bisa naik kendaraan menuju Puncak Bogor. Lalu naik angkot rute Cipanas – Loji dan turun di pasar GSP Cianjur. Setelah itu naik angkot lagi angkot rute Cipanas – Mariwati dan anda bisa langsung turun di Taman Bunga Nusantara. Puma Wisata Sewa ELF Murah Jakarta bisa mengantarkan Anda dan keluarga/sahabat/rekan rekan anda menuju Taman Bunga Nusantara.

Dengan kapasitas 12-19 seats, fasilitasnya seperti ac ducting, TV, karaoke, DVD, kabel charger dan pelayanan supir yang ramah, akan membuat penumpang merasa aman dan nyaman. Cara pemesanannya sangat mudah cukup mengunjungi web kami di www.pumawisata.co,id atau menghubungi contact person yang ada di web, prosesnya sangat mudah.

Tinggalkan Balasan